Berita

Jadi Platform Kolaborasi Ekraf, Diaspora Indonesia di Australia Rilis 'Satu Ruang'

Rabu, 28 Juli 2021 - 19:20
Jadi Platform Kolaborasi Ekraf, Diaspora Indonesia di Australia Rilis 'Satu Ruang' Platform 'Satu Ruang' diluncurkan sebagai ekosistem kolaborasi ekonomi kreatif Indonesia dan Australia (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMES MAHAKAM, AUSTRALIA – Amalia Sosrodiredjo, diaspora Indonesia yang ada di Adelaide, Australia menggagas inovasi platform digital yang diberi nama 'Satu Ruang'.

Amalia, yang juga Ketua Australia Indonesia Business Council (AIBC) South Australia, berharap bahwa Satu Ruang dapat menjadi platform daring dan luring bagi kerjasama Indonesia-Australia, serta mendorong kolaborasi pebisnis kedua negara baik melalui skema keanggotaan (membership) maupun pendanaan (sponsorship).

"Peluncuran Satu Ruang patut dibanggakan karena tidak hanya dapat mempermudah bisnis berbasis sub sektor ekonomi kreatif (ekraf), tetapi juga dapat menjadi wadah untuk berekspresi bagi anak muda Indonesia," demikian sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf RI), Sandiaga Uno pada acara Peluncuran Satu Ruang, Senin (26/7/2021). 

Australia Satu Ruang 01

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf RI), Sandiaga Uno hadir memberikan sambutan pada acara Peluncuran Satu Ruang (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Hartanto Subolo meyakini Satu Ruang akan memberikan suntikan semangat dan ide baru untuk pelaku industri ekraf Indonesia memasuki pasar Australia. 

Konjen Heru Subolo juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada diaspora Indonesia di Australia yang tidak kenal lelah menyumbangkan pemikiran dan tenaganya bagi upaya pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19. 

Australia Satu Ruang 03

Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Hartanto Subolo ikut memberikan sambutan pada acara Peluncuran Satu Ruang (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Sementara itu, Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri, Santo Darmosumarto, dalam sambutan penutupnya menyampaikan bahwa Satu Ruang dapat menginspirasi komunitas Indonesia di Australia untuk terus berinovasi dalam mendukung upaya Pemerintah untuk memperkuat kerjasama bilateral Indonesia-Australia.

Acara peluncuran yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh sekitar 100 orang termasuk Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Sosial Budaya dan PMILN, wakil kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, KADIN dan HIPMI Jabar, organisasi masyarakat dan bisnis diaspora Indonesia, media, serta pelaku industri perdagangan dan ekonomi kreatif. 

Satu Ruang dibentuk untuk mengakselerasi implementasi Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IACEPA), kerja sama Sister State/Province Jawa Barat-South Australia dan berbagai program pemerintah termasuk Indonesia Spice Up the World. 

Australia Satu Ruang 02

Amalia Sosrodiredjo, diaspora Indonesia yang ada di Adelaide, Australia yang menggagas inovasi platform digital 'Satu Ruang' (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Satu Ruang akan menjadi suatu ekosistem yang di dalamnya terdapat unsur seperti key collaborators, sponsor dan mitra industri. Satu Ruang didukung oleh key collaborators yang didominasi kaum muda dari Indonesia dan Australia. 

Key collaborators tersebut berasal dari berbagai sub sektor ekonomi kreatif, antara lain Andezzz, Savira Lavinia di balik brand SavLavin, Karina Trijono di balik brand Soloputri, Aninidita Rahardjo di balik brand Kakamiku, Chef Gunawan, George Arif dari Spins Production, Tim dan Emi Lindeberg dari 6162 Films, John Devlin dari BGBJ dan Che Garcia dari Woodsman Jewellery.

Satu Ruang bekerjasama dengan mitra industri, seperti Indonesia Trading House Australia (ITHA). Melalui kolaborasi dengan Satu Ruang, pelaku ekspor Indonesia terutama UKM akan mendapat akses informasi peluang pasar dan pendampingan untuk menembus pasar Australia. Hal tersebut dapat berdampak positif pada akselerasi kerjasama perdagangan Indonesia-Australia.

Australia Satu Ruang 04

Para peserta launching 'Satu Ruang' yang hadir secara virtual (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Tidak hanya untuk bisnis, Satu Ruang juga dimanfaatkan sebagai rumah budaya Indonesia berkolaborasi dengan Imah Budaya Cigondewah yang digawangi Kang Tisna Sanjaya. 

Pendirian rumah budaya akan dijajaki untuk diintegrasikan ke dalam rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mendirikan West Java-South Australia Hub dalam rangka implementasi Nota Kesepahaman Kerja Sama Sister State/Province.

Ingin tahu lebih banyak dan tertarik berkolaborasi dengan Satu Ruang sebagai produk inovatif diaspora Indonesia di Australia ? Hubungi tim Satu Ruang di [email protected]. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mahakam just now

Welcome to TIMES Mahakam

TIMES Mahakam is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.