Berita

Kementan RI Siap Kawal Masa Panen Padi di Semua Wilayah Indonesia

Jumat, 05 Maret 2021 - 20:09
Kementan RI Siap Kawal Masa Panen Padi di Semua Wilayah Indonesia Gedung Kementerian Pertanian. (Foto: Kementan RI).

TIMES MAHAKAM, JAKARTA – Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan RI Kuntoro Boga Andri mengatakan pihaknya mengawal terus jalannya masa panen di semua wilayah. Ia menilai potensi produksi padi yang baru ini dirilis BPS sangat memberikan harapan positif bagi kesejahteraan petani. Indikasi mulai menurunnya harga gabah menjadi indikator data BPS sesuai fakta di lapangan.

Menurut Kuntoro, diperkirakan terjadi kenaikan produksi gabah kering giling sebesar 5,37 juta ton dibandingkan triwulan pertama 2020 yang hanya 19,99 juta ton GKG. Bila terjadi maka produksi yang tinggi ini harus mendapatkan prioritas untuk diserap pasar agar kerja keras petani memberi dampak pada kesejahteraan.

“Kami berharap Bulog dan pasar domestik dapat menyerap secara penuh hasil petani. Kita harus bangga negara kita bisa menyiapkan sendiri stok pangan untuk negeri,” ujar Kuntoro dalan keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Selain itu, upaya peningkatan produktifitas padi juga terus berjalan melalui program Food Estate yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo. Kuntoro menambahkan saat ini Kalimantan Tengah dan Sumba Tengah sedang masuk masa tanam dan menjelang panen.

“Mudah-mudahan ikhtiar kita menyiapkan pangan untuk negeri mendapat dukungan penuh masyarakat. Tekad kita sama, membuat petani bangga berkontribusi untuk pangan ditengah pandemi,” tegas Kuntoro.

Sebelumnya BPS merilis pada 2020, luas panen padi sebesar 10,66 juta hektar dengan produksi sebesar 54,65 juta ton GKG. Jika dikonversikan menjadi beras, produksi beras pada 2020 mencapai 31,33 juta ton.

Potensi produksi padi pada subround Januari-April 2021 diperkirakan sebesar 25,37 juta ton GKG mengalami kenaikan sebanyak 5,37 juta ton atau 26,88 persen dibandingkan subround yang sama pada 2020 yang sebesar 19,99 juta ton GKG.

Kementan RI sendiri siap mengawal terus jalannya masa panen di semua wilayah. Ia menilai potensi produksi padi yang baru ini dirilis BPS, sangat memberikan harapan positif bagi kesejahteraan petani. Indikasi mulai menurunnya harga gabah, menjadi indikator data BPS sesuai fakta di lapangan. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mahakam just now

Welcome to TIMES Mahakam

TIMES Mahakam is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.