https://mahakam.times.co.id/
Berita

BMKG Sebut Kemunculan Tiga Bibit Siklon Tropis Picu Potensi Cuaca Ekstrem

Rabu, 27 Maret 2024 - 09:48
BMKG Sebut Kemunculan Tiga Bibit Siklon Tropis Picu Potensi Cuaca Ekstrem Awan tebal yang menyelimuti permukiman dan gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (15/3/2024). BMKG mendeteksi tiga bibit siklon tropis yang akan memicu potensi cuaca ekstrem di Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

TIMES MAHAKAM, JAKARTA – Kemunculan tiga bibit siklon tropis secara sekaligus memunculkan potensi terjadinya cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan tiga bibit siklon tropis yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P, termonitor berada di sekitar Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia, yang menunjukkan pengaruh terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia bagian selatan.

Menurutnya, tiga bibit siklon tropis yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P, termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia, yang menunjukkan pengaruh terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia bagian selatan.

Selain itu BMKG juga memprediksi sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi dan banjir pesisir (rob) pada 27 Maret 2024.

BMKG juga memprediksi, sebagian wilayah di Indonesia masih berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang pada Rabu (27/3/2024) hari ini.

BMKG menyatakan, hujan diprakirakan turun di sejumlah wilayah di Indonesia dengan sembilan daerah berstatus waspada akibat dampak hujan lebat yang ditimbulkan.

Adapun ke-9 daerah berstatus waspada itu meliputi Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bengkulu, DIY, Aceh, dan Papua.

Peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi menyasar wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Kalimantan Selatan.

BMKG juga memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Kepulauan Aru dan Kepulauan Tanibar pada sore hari.

Sementara itu, Jambi, Banjarmasin, Palembang, Palangka Raya diprakirakan hujan sedang pada pagi hari.

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta, mayoritas wilayah pada pagi hari akan mengalami berawan.

Pada siang hari hingga malam, wilayah DKI Jakarta akan mengalami hujan ringan di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu sementara Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara cerah berawan. (*)
 

 

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mahakam just now

Welcome to TIMES Mahakam

TIMES Mahakam is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.