Berita

Pujian Gibran ke Gubernur Anies Baswedan Wajar, Ahmad Basarah: Tak Etis Puji Ayah Kandung Sendiri

Kamis, 16 September 2021 - 16:18
Pujian Gibran ke Gubernur Anies Baswedan Wajar, Ahmad Basarah: Tak Etis Puji Ayah Kandung Sendiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (FOTO: Merdeka)

TIMES MAHAKAM, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menilai pujian Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas keberhasilan menekan penyebaran Covid-19 merupakan sesuatu hal yang wajar.

Menurutnya, Gibran sudah paham bahwa sukses penanganan Covid-19 di Indonesia termasuk di wilayah DKI Jakarta berkat kerja keras dan cerdas Presiden RI Jokowi yang merupakan ayah kandungnya sendiri.

Dikatakan, saat ini negara Indonesia masuk rangking ke enam dunia yang dinilai terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19. DKI Jakarta sebagai salah satu provinsi di wilayah Indonesia, tentu tidak terlepas dari strategi penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung Presiden RI Jokowi selaku Kepala Pemerintahan.

"Dalam filosofi kepemimpinan Jawa, akan dianggap wagu atau kurang etis kalau kita memuji-muji diri sendiri atau keluarga kita sendiri, sehingga pujian sukses penanganan Covid-19 itu diarahkan kepada Gubernur DKI. Tapi Gibran menyerahkan penilaian keberhasilan sukses Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi global Covid-19 tersebut kepada rakyat," ucap Basarah, Kamis (16/9/2021).

Namun begitu juga sebaliknya, dengan pujian Gibran tersebut secara tersirat Anies Baswedan juga diharapkan bisa bersikap fair dan jujur untuk mau mengakui kesuksesan kepemimpinan Presiden RI Jokowi dalam mengatasi pandemi Covid-19 di tanah air termasuk di wilayah kerja Gubernur Anies.

Basarah menambahkan, sikap pemimpin yang jujur dan obyektif seperti itu sangat penting sebagai sarana pendidikan politik rakyat dan memperkuat etika kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Sukses pembangunan nasional lanjut dia, memang harus ada prasyarat adanya gotong royong antara pemerintah pusat dan daerah serta tidak boleh masing-masing jalan sendiri-sendiri.

"Saya juga tidak melihat pujian Gibran kepada Anies Baswedan karena dia punya motif untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta tahun 2024 yang akan datang karena baik Gibran maupun PDI Perjuangan sendiri sebagai partai tempat Gibran bernanung masih fokus untuk membantu Presiden Jokowi untuk berjuang mengatasi pandemi global Covid-19." Demikian ucap Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mahakam just now

Welcome to TIMES Mahakam

TIMES Mahakam is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.