Ekonomi

Pembentukan Lembaga Pembiayaan Investasi Sudah Lengkap, Inilah Lima Dewan Direksinya

Selasa, 16 Februari 2021 - 23:36
Pembentukan Lembaga Pembiayaan Investasi Sudah Lengkap, Inilah Lima Dewan Direksinya Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat menyampaikan keterangan persnya di Kantor Presiden pada Selasa (16/02). (FOTO: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

TIMES MAHAKAM, JAKARTA – Setelah resmi dilantik oleh Presiden RI, Dewan Pengawas (dewas) Lembaga Pembiayaan Investasi (LPI) telah melakukan tugas pertamanya yaitu melakukan rekrutmen untuk dewan direktur atau Board of Director (BoD) yang terdiri dari Direktur Utama, Wakil Direktur Utama, Direktur Keuangan, Direktur Risiko dan Direktur Investasi.

Jajaran BoD tersebut sudah diperkenalkan juga oleh Presiden, yaitu Ridha Wirakusumah sebagai Direktur Utama, Arief Budiman sebagai Wakil Direktur Utama, Stefanus Ade Hadidjaja sebagai Direktur Investasi, Marita Alisjahbana sebagai Direktur Risiko, dan Eddy Porwanto sebagai Direktur Keuangan.

Sri-Mulyani-Indrawati-2.jpgMenkeu Sri Mulyani Indrawati saat menyampaikan keterangan persnya di Kantor Presiden pada Selasa (16/02). (FOTO: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

“Beliau (Presiden) mengharapkan dengan harapan yang sangat tinggi bahwa LPI atau Indonesia Investment Authority ini bisa bekerja sebagai Sovereign Wealth Fund yang dikelola secara profesional dengan tata kelola yang baik dan menjadi salah satu solusi untuk terus membangun Indonesia tanpa ketergantungan terlalu besar kepada APBN dan BUMN. Menjadi salah satu tambahan dari sisi instrumen maupun vehicle bagi pemerintah untuk bisa terus menjalankan pembangunan dengan tata kelola yang baik dan sustainabilitas,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan pers, dikantor Presiden, Selasa (16/02).

Presiden-Joko-Widodo-bersama-Dewan-Direksi-LPI.jpgPresiden Joko Widodo bersama Dewan Direksi LPI. (FOTO: Dokumentasi Kemenkeu)

Menkeu menambahkan, sampai dengan hari ini berdasarkan PP 74 Tahun 2020 mengenai modal awal LPI, pemerintah sudah melakukan penyertaan modal melalui PMN tahun 2020 sebesar Rp15 triliun. Untuk tahun anggaran 2021 juga sudah dicadangkan Rp15 triliun. PP 74 Tahun 2020 memandatkan modal LPI akan mencapai 75 triliun pada akhir tahun 2021 secara bertahap dan ini yang sedang dilakukan oleh pemerintah.

“Dengan demikian keseluruhan proses pembentukan dari LPI atau Indonesia Investment Authority ini sudah lengkap dari mulai pembentukannya, kemudian dari modal awal yang sudah dimasukkan berdasarkan PP 74 tahun 2020, peraturan pemerintah untuk tata kelolanya sudah ditetapkan kemudian juga peraturan dewan pengawas yang juga sudah ditetapkan dan pada hari ini telah dilaporkan kepada Presiden pembentukan dewan direktur yang sudah dilengkapi,” pungkas Menkeu tentang pembentukan Lembaga Pembiayaan Investasi. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mahakam just now

Welcome to TIMES Mahakam

TIMES Mahakam is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.