Ekonomi

Pelaku UMKM Antusias Sambut Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal

Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:30
Pelaku UMKM Antusias Sambut Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal Gerakan Diversifikasi Dan Ekspose UMKM Pangan Lokal yang digelar di halaman Gedung PIA Kementerian Pertanian. (FOTO: Kementan RI for TIMES Indonesia)

TIMES MAHAKAM, JAKARTA – Para pengusaha kecil dan menengah menyambut antusias program diversifikasi pangan lokal dalam benrntuk 'Gerakan Diversifikasi dan Ekspose UMKM Pangan Lokal' yang digelar di halaman Gedung PIA Kementerian Pertanian (Kementan RI), Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Kegiatan yang juga dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo ini meliputi bazar pangan lokal dan sosialisasi gerakan diversifikasi.

Founder sekaligus Distribotor Three-P Retail, Mirza mengatakan, gerakan ini sangat membantu para pengusaha kecil dan menengah yang ingin menjadikan pangan lokal sebagai sumber kehidupan dan sumber keuntungan. 

Lebih dari itu, gerakan tersebut juga sangat membantu para petani yang selama ini melakukan cocok tanam pangan lokal seperti Ubi, Singkong dan Sagu.

"Kita ingin pangan lokal Indonesia menjadi sumber bagi semua orang. Karena itu, perusahaan saya fokus pada penjualan dan pembelian panhan lokal singkong dan ubi," ujar Mirza.

Mirza menjelaskan, sejauh ini pangsa pasar Three-P Retail meliputi pasar besar dan lokal. Meski demikian, tak menutup kemungkinan produk jualnya menembus pasar internasional. Adapun olahan yang dijual Thre-P Retail antara lain aneka kripik singkong dan Ubi. Kemudian ada olaham Combro dan Ubi kremes.

"Semuanya di produksi oleh petani lokal di daerah Cijeruk Bogor. Bahkan kami sudah memberdayakan petani lokal dengan pangsa pasar yang jelas. Untuk itu, kami mendukung program diversifikasi karena sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Insyaallah kami juga akan mengambil program KUR (Kredit Usaha Rakyat)," katanya.

Pengusaha lainya, Agus Sudomo mengatakan, program diversifikasi harus didorong oleh semua pihak untuk menjadi gerakan besar dalam mengoptimalkan kekayaan alam nusantara. Ia optimistis gerakan ini bisa menjadi gerakan ketahanan pangan nasional yang memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saya sangat yakin gerakan diversifikasi iini mampu mendorong gerakan pangan nasional karena hanya dengan cara ini pangan kita terus lestari. Makanya, saya mengajak semua pihak dukung dan dorong gerakan ini menjadi gerakan bersama," katanya.

Mengenai hal ini, Menteri Pertanian (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa gerakan ini adalah upaya pemerintah untuk mendorong ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. 

Gerakan ini diharapkan mampu mewakili harapan dan kebutuhan seluruh rakyat Indonesia agar ketahanan pangan tetap kokoh, yang memperkuat hadirnya negara yang sejahtera.

"Hari ini kita mengampanyekan gerakan diversifikasi pangan lokal sebagai kekayaan dan budaya bangsa. Artinya bukan hanya beras yang kita miliki. Tapi ada berbagai macam pangan lain seperti ubi-ubian, jagung, sorgum, sagu, kentang, labu dan lainnya," ujarnya. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mahakam just now

Welcome to TIMES Mahakam

TIMES Mahakam is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.