Gaya Hidup

Lebaran Tetap Menyenangkan, Ini Saran Dokter NU untuk Penderita Diabetes

Kamis, 13 Mei 2021 - 03:37
Lebaran Tetap Menyenangkan, Ini Saran Dokter NU untuk Penderita Diabetes Ilustrasi sakit. (Foto: Pixabay/sick)

TIMES MAHAKAM, NGAWI – Bagi penderita diabetes melitus atau kadar gula dalam darah tinggi, lebaran bisa menjadi momen penuh cobaan. Pasalnya saat momen ini banyak ditemui jenis makanan baik di rumah sendiri maupun saat bersilaturahmi dengan sanak famili.

Perlu kiranya seorang penderita diabetes untuk memperhatikan jenis makanan sebelum mengkonsumsinya. Agar momen Idul Fitri tetap bisa dinikmati dengan menyenangkan.

Anggota Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Cabang Kediri, dr Agus Syaifudin memberikan saran bagi penderita diabetes agar momen lebaran tetap menyenangkan. Menurut dr Agus, penderita diabetes perlu memperhatikan jenis makanan dan minuman sebelum mengkonsumsinya.

“Saat lebaran pasti sering ditemui makanan yang berkalori tinggi, terlalu manis seperti donat, nastar, kue coklat dan kue kering lainya sebab selain mengandung gula, coklat kadang ada yang mengandung pemanis buatan, itu perlu berhati-hati bagi penderita diabetes,” ujar dr Agus kepada TIMES Indonesia, beberapa waktu lalu.

“Selain itu juga perlu diperhatikan minuman yang terlalu manis dan bersoda, kalau dikonsumsi dengan jumlah banyak bisa menyebabkan kadar gula dalam darah bisa melonjak tinggi,” tambahnya.

Makanan yang mengandung santan juga kerap ditemukan saat momen lebaran. Seperti sudah menjadi tradisi masakan seperti gulai, opor atau sayur lodeh kerap menjadi hidangan utama saat momen lebaran.

Untuk hal tersebut, Agus menyarankan bagi penderita diabetes agar memperhatikan masakan jenis ini. Sebab menurut dia, masakan dengan kandungan santan tinggi bisa menimbulkan penyakit lain yang berhubungan dengan diabetes.

“Masakan ini mengandung lemak jenuh tinggi yang bisa menyebapkan peyakit yang masih berhubungan dengan diabetes. Seperti kadar lemak tinggi dalam darah, hipertensi serta obesitas,” ujarnya.

Sebagai pencegahan agar gula darah tidak melonjak, Agus menyarankan agar penderita diabetes untuk selalu teratur berolahraga, disiplin dalam pola makan sesuai anjuran dokter dan rutin untuk mengkonsumsi obat penurun gula darah sesuai anjuran dokter.

“Itu penting untuk mencegah terjadinya komplikasi lain yang mungkin timbul akibat kadar gula darah yang naik,” kata dr Agus memberikan saran bagi penderita diabetes. (*)

Pewarta : xxx
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mahakam just now

Welcome to TIMES Mahakam

TIMES Mahakam is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.