Wisata

Berwisata ke Kota Pariaman, Jangan Lupa Kunjungi Rumah Adat Tabuik Pasa

Selasa, 02 Februari 2021 - 08:14
Berwisata ke Kota Pariaman, Jangan Lupa Kunjungi Rumah Adat Tabuik Pasa Rumah Tabuik Pasa, rumah adat khas Kota Pariaman, Sumatra Barat. (FOTO: Kadisparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)

TIMES MAHAKAM, PARIAMAN – Ada yang tidak boleh dilupakan jika hendak berwisata ke Kota Pariaman, Sumatra Barat. Yakni memasukan Rumah Tabuik Pasa. Di rumah adat khas Pariaman tersebut, Anda akan disuguhi beragam tradisi dan budaya dari kota berjuluk The Sunset City of Indonesia. Dan itu berbeda dengan rumah adat Minangkabau pada umumnya.

Perlu dicatat, Rumah Tabuik Pasa, berada di Jalan Syech Burhanudin dan Jalan Imam Bonjol, Kota Pariaman. Dibanding bangunan lain, Rumah Tabuik Pasa akan terlihat lebih menonjol. Sedikit gambaran, rumah adat ini berbentuk panggung nan megah. Lengkap dengan beragam ornamen warisan leluhur masyarakat Pariaman.

Rumah-Tabuik-Pasa-2.jpg

Di bagian dalam, berfungsi selayaknya museum. Sejarah, seni dan budaya masyarakat Kota Pariaman terpampang. Tentunya bukan hanya menambah wawasan, namun juga akan memberi kesan dan sensasi tersendiri dalam kunjungan wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman (Kadisparbud Kota Pariaman), Sumatra Barat, Dwi Marhen Yono, S.STP, M.Si menyampaikan, setiap tanggal 1 – 10 Muharam, Rumah Tabuik Pasa digunakan untuk pembuatan Tabuik.

Rumah-Tabuik-Pasa-3.jpg

“Yaitu perwujudan dari Buroq (Kuda bersayap dan berkepala manusia) yang membawa jasad Husein bin Ali (Cucu Nabi Muhammad SAW) terbang ke angkasa dan menghilang,” katanya, Selasa (2/2/2021).

Dwi Marhen menyampaikan, di Kota Pariaman, Sumatera Barat, memiliki 2 rumah adat. Rumah Tabuik Pasa dan Rumah Tabuik Sumbarang. Keduanya memiliki ciri khas asli Kota Pariaman. Yang tentu saja berbeda dengan rumah adat Minangkabau pada umumnya. Penasaran? Yuk kita berwisata ke Kota Pariaman. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mahakam just now

Welcome to TIMES Mahakam

TIMES Mahakam is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.