https://mahakam.times.co.id/
Berita

Pidato Penutupan di Forum Antaragama G20, Menag RI Gus Yaqut Bacakan Puisi Gus Mus

Kamis, 16 September 2021 - 14:41
Pidato Penutupan di Forum Antaragama G20, Menag RI Gus Yaqut Bacakan Puisi Gus Mus Menag RI Gus Yaqut. (FOTO: dok Kemenag RI)

TIMES MAHAKAM, JAKARTAMenag RI Gus Yaqut (Yaqut Cholil Qoumas) memberikan pidato secara daring di hadapan Presiden dan Perdana Menteri Italia, sejumlah menteri, pemimpin agama-agama serta intelektual dari berbagai negara. Pidato itu dilakukan saat  penutupan Forum Antaragama G20 di Bologna, Italia, Selasa (14/9/2021) malam waktu setempat.

Pada kesempatan itu, Menag memberikan isyarat-isyarat tentang arah lebih lanjut bagi ikhtiar-ikhtiar perdamaian global melalui Forum Antaragama G20. Untuk diketahui, pada 2022 mendatang giliran Indonesia akan menjadi tuan rumah.

Menag yang juga ketum PP GP Ansor ini mengajak para tokoh yang hadir untuk merenung.  Renungan pertama mengakui sejarah yang sulit dan didominasi oleh konflik selama berabad-abad dalam pergaulan antarkelompok agama dan antarbangsa. 

“Baru sesudah Perang Dunia II masyarakat internasional berupaya membangun konsensus untuk mewujudkan tata dunia yang lebih aman dan stabil, dengan lahirnya Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan dibentuknya Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Menag, Rabu (15/9/2021) malam. 

Namun, menurut pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini, tata dunia baru itu hingga kini masih rapuh, sedangkan pola pikir yang diwarnai dorongan permusuhan dan konflik masih membayang-bayangi. Untuk itu, Menag menyerukan kepada para pemimpin dunia, baik pemimpin politik maupun pemimpin agama dan intelektual, untuk menyempurnakan dan mengukuhkan konstruksi tata dunia pasca Perang Dunia II dengan membangun konsensus perdamaian atas dasar nilai-nilai peradaban bersama.

Mengakhiri pidatonya dengan gestur yang menyentuh hati, Menteri Agama mengutip puisi Gus Mus (KH Mustofa Bisri): 

Agama
adalah kereta kencana
yang disediakan Tuhan
untuk kendaraan kalian
berangkat menuju hadiratNya
Jangan terpukau keindahannya saja
Apalagi sampai
dengan saudara-saudara sendiri bertikai
berebut tempat paling depan
Kereta kencana
cukup luas untuk semua hamba
yang rindu Tuhan

Pidato Menag RI Gus Yaqut ini mendapat apresiasi positif dari peserta penutupan Forum Antaragama G20 ini. (*)

Pewarta :
Editor : Imam Kusnin Ahmad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mahakam just now

Welcome to TIMES Mahakam

TIMES Mahakam is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.